Halo teman-teman apa kabar ? saya akan membuat penjelasan mengenai tahapan saat kita mengakses youtube sampai video yang kita pilih bisa diputar dalam komputer kita.
Pertama kita harus memiliki jaringan internet untuk mengakses youtube, apa itu internet ?
Penjelasan : Jaringan Internet adalah komputer yang saling terhubung antara satu komputer
dengan komputer yang lain. Dimana masing-masing komputer dapat saling bertukar / mengirimkan data atau
informasi baik berupa tulisan (text), gambar (image), Video / film. Komputer dapat saling terhubung mulai dari antar kantor, antar kota, antar negara, antar
benua dst. dengan kata lain tidak ada batasan area selama syarat-syaratnya terpenuhi.
Mekanisme hubungan antar komputer di jaringan internet
Dalam menukar data atau informasi antar komputer, tentunya terdapat beberapa
kendala contohnya adalah
• perbedaan Sistem operasi (misal kita pakai Linux, yang satunya Windows)
• Perbedaan Arsitektur mesin (misal kita pakai 64bit yang satunya 32bit)
Maka diperlukan sebuah solusi yang menjembatani permasalahan di atas. Maka diperlukan sebuah solusi yang menjembatani permasalahan di atas. Solusi untuk memecahkan permasalahan di atas adalah dengan membuat sebuah
STANDARISASI KOMUNIKASI antar komputer. Standar komunikasi data antar komputer tersebut kemudian kita namakan dengan
PROTOCOL.
Ilustrasi Gambar kebutuhan standar komunikasi data antar
komputer :
FRAGMENTATION
Pernah kah kalian berpikir mengenai bagaimana server Youtube di Amerika mengirimkan
video yang kita ingin putar kepada komputer kita?. Misal ingin putar lagu The Rock-Munajat Cinta, lalu server youtube mengirimkan data video The Rock-Munajat Cinta ke komputer kita. bagaimana mekanisme pengiriman video The Rock-Munajat Cinta tadi? mekanisme
pengiriman data itulah yang disebut Fragmentation.
Misal 1 video Keju Joget beresolusi 1080p dengan ukuran 500MB ('Sekerdar info MegaByte(MB) dan Megabit(Mb) itu berbeda ') Proses Transfer data dimulai dengan memecah data yang hendak dikirim menjadi
beberapa bagian. Bagian-bagian inilah yang akan dikirimkan satu per satu ke komputer yang merequest tadi. ketika bagian telah sampai di komputer tujuan, maka bagian tadi akan dirangkai
menjadi data yang utuh.
Transport Layer
Terdapat 2 Bagian utama pada layer ini yaitu :
• UDP Singkatan dari (User Datagram Protocol)
• TCP Singkatan dari (transfer Control Protocol)
Perbedaan antar keduanya terletak pada cara pengiriman dan penerimaan bagian-bagian datanya
saja.
Mekanisme TCP
Teknik TCP akan mengirimkan bagian data dan akan memvalidasi apakah setiap bagian telah diterima
dengan baik. Apabila salah satu bagian yang rusak, Maka salah satu bagian itu tadi akan diminta oleh komputer client
untuk dikirim kembali kepadanya. Jadi, satu per satu bagian yang dikirim akan divalidasi setiap data yang dikirim.
Mekanisme UDP
Seluruh bagian akan dikirimkan secara bertahan tanpa memperhitungkan apakah setiap bagian telah benar
atau terdapat kerusakan. UPD hanya akan memvalidasi sekali saja, saat bagian telah dikirim semuanya, maka akan dihitung ukuran
data yang dikirimkan. Apabila ukuran data yang diterima sama dengan ukuran data yang dikirim, maka lolos validasi.
Kekurangan & Kelebihan
Kekurangan TCP :
• Proses transfer lebih lama.
Kelebihan TCP :
• Data sudah pasti benar.
• Garansi pengecekan data.
Kekurangan UDP :
• UDP tidak menyediakan garansi pengecekan data tiap paket.
Kelebihan UDP :
• waktu transfer yang lebih cepat dibanding TCP.
Application Layer
Apa itu Application layer? sebuah aplikasi yang berjalan di dalam internet, terdiri dari 2 bagian besar yaitu :
• Aplikasi Client.
• Aplikasi Server.
Pada sisi Aplikasi client menggunakan Socket Client. Sendangkan pada sisi Application Server, menggunakan Standart Socket Server.
Ilustrasi Gambar Alur Kerja Antara Client dan Server
3 Langkah Proses Client dan Server
Terdapat 3 langkah alur kerja yang terjadi pada sisi client dan server
yaitu :
• Client melakukan request (permintaan) data ke server .
• Server memproses sesuatu berdasarkan request dari client.
• Server mengirimkan/merespon balik data kepada client.
Jadi Server terima INPUT dari client, lalu Server PROSES inputan, lalu Server kirim OUTPUT ke client.
Komentar
Posting Komentar